https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bacaan Berhuruf Jawa dengan Media Kartu Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian Kabupaten Kebumen Tahun 2017/2018 | Komsiatini | ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bacaan Berhuruf Jawa dengan Media Kartu Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian Kabupaten Kebumen Tahun 2017/2018

Tri Komsiatini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan menggunakan media kartu pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian kabupaten Kebumen; (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca teks bacaan berhuruf Jawa pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2017/2018 setelah menggunakan media kartu. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik deskriptif presentase dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran membaca teks bacaan berhuruf Jawa menggunakan media kartu pada kegiatan prasiklus, siswa membaca teks bacaan berhuruf Jawa tanpa menggunakan media kartu. Pada siklus I siswa membaca teks bacaan berhuruf Jawa dimana guru sudah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media kartu. Pada siklus II siswa juga membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan menggunakan media kartu. Kegiatan pada Siklus I siswa menjodohkan kartu huruf yang ada pada kelompok A dan juga kartu huruf yang ada pada kelompok B sesuai dengan teks bacaan berhuruf Jawa yang disediakan. Pada siklus II siswa melakukan hal yang sama seperti pada siklus Iterjadi peningkatan mengenai; (2) Terjadi peningkatan kemampuan membaca teks bacaan berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Alian setelah dilakukan penelitian kemampuan membaca teks bacaan berhuruf Jawa menggunakan media kartu. Pada prasiklus nilai rata-rata mencapai 57,21. Kemudian terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 70,88. Nilai rata-rata pada kegiatan siklus II mencapai 79,41. Sehubungan dengan meningkatnya prestasi belajar dalam hal kemampuan membaca teks bacaan berhuruf Jawa, dalam hal ini aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kemampuan membaca teks bacaan berhuruf Jawa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat nilai rata-rata siswa pada kegiatan prasiklus diperoleh nilai rata-rata yang mencapai 60,71 % terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 71,14% dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,71%

 

Kata Kunci: membaca, bacaan, huruf Jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.